Selasa, 31 Mei 2011

Rangkuman Bahasa Indonesia


Rangkuman Bahasa Indonesia
BERCAKAP-CAKAP SECARA SOPAN DENGAN MITRA BICARA DALAM KONTEKS BEKERJA
Bercakap-cakap adalah bentuk komunikasi dua arah antara pembicara dan mitra bicara cara bergilir.
Pecakapan ada dua macam, yaitu: percakapan formal dan informal. Percakapan formal di lakukan oleh para pejabat pemerintah dalam suasana formal.
Percakapan informal sering di lakukan dalam percakapan keluarga atau lingkungan masyarakat, unsure silaturahmi sangat menonjol dalam percakapan informal.
Percakapan formal tau informal tidak boleh meninggalkan norma ataupun etika pergaulan.misal saat bercakap-cakap,tidak di perkenalkan menyela orang lain tanpa ijin,bersikap taacuh terhadap lawan bicara maupun tindakan yang lain. Suasana percakapan formal lebih baku dan menggunakan bahasa formal.

BERDISKUSI YANG BERMAKNA DALAM KONTEKS BEKERJA
Diskusi adalah suatu metode untuk memecahkan masalah dengan proses berfikir kelompok. Diskusi berarti melakukan kegiatan berbicara aktif secara terkoordinasi dengan aturan-aturan yang di patuhi oleh anggota kelompok. Setiap anggota mempunyai hak yang sama untuk mengelurkan pendapat baik mendukung pendapat orang lain maupun mnolak pendapat tersebut.
Diskusi dapat berlangsung dengan baik apabila kelompok anggota memiliki kepentingan yang sama untuk suatu penyelesaian atau penjelasan. Agar diskusi bias berjalan dengan baik maka di perlukan seseorang yang dapat di tunjuk sebagai ketua.

BERNEGOSIASI YANG MENGHASILKAN DALAM KONTEKS BEKERJA
Negosiasi adalah proses tawar menawar dengan jalan berunding mencapai kesepakatan bersama antara satu pihak (kelompok,organisasi,individu) dengan pihak lain (kelompok,organisasi,individu). Negosiasi di artika juga pendekatan untuk menyelesaikan sengketa secara damai melalui perundingan antara pihak yang bersengketa.
Ada dua model negosiasi untuk menyelesaikan sengketa perusahaan, yaitu Win-win.
Negosiasi dengan model win-loose memiliki ciri-ciri salah satu pihak atau orang harus bersedia menerima pendapat pihak atau orang lain jika pihak atau orang lain tersebut memiliki kekuasaan atas diri pihak /orang lain tidak ada bersedia menerima pendapat .                                                                       Negosiasi model ini memandang negosiasi sebagai proses pertikaian . Cara yang di gunakan adalah taktik  manipulatif, argument yang memaksakan,konsesi terbatas  dan tawar menawar yang a lot.
Berbeda dengan negosiasi yang memilih pendekatan win-win. Cara yang di gunakan adalah dengan mengembangkan hubungan yang kolaboratif, mengutamakan penyesuaiaan kepentingan ke dua pihak, bersikan ramah dan kooperatif.

MENYAMPAIKAN LAPORAN ATAU LISAN DALAM KONTEKS BEKERJA
Melaporkan fakta, anda tidak boleh memonipulasi data,bukti,contoh yang terdapat dalam keadaan atau peristiwa yang haris di sampaikan secara jujur. Oleh karena itu, Anda harus melaporkan  apa (what) yang terjadi , siapa (who) yang berperan serta, kapan (when) peristiwa terjadi, dimana
(where)
peristiwa  itu terjadi , mengapa (why) hal tersebut terjadi, dan bagaimana (how) keaadaan tersebut saat ini.
Pelapor harus memiliki sikap jujur, teliti dan mampu mengungkapkan gagasan dengan baik.  Laporan adalah suatu cara berkomunikasi yang di lakukan oleh pelapor untuk menyampaikan informasi kepada seseorang atau lembaga karna tanggung jawab yang dipercayakan kepadanya.
Bahasa yang di pakai yang di pakai dalam laporan harus baik dan jelas. Bahan yang di sajikan pelapor harus dapat menimbulkan kepercayaan.  Laporan yang baik tidak boleh memasukan hal-hal yang menyimpan, yang mengundang prasangka .
Laporan lisan tentang sebuah keadaan atau peristiwa bias di lakukan dengan beberapa cara penuturan. Penuturan secara deskriptif di lakukan dengan mengungkapkan secara objektif segala hal yang terjadi sehingga pendengar ikut merasakan peristiwa atau keadaan yang ada. Penuturan naratif dilakukan dengan menyampaikan secara berurutan peristiwa yang terjadi. Penuturan secara ekspositoris dilakukan dengan mengungkapkan secara teliti proses yang terjadi.

SOAL  TENTANG PERCAKAPAN
1.Percakapan ada dua macam sebutkan.
-percakapan formal dan informal
2.Materi apa yang di gunakan dalam percakapan formal?
-mater I yang menangkut kebijakan-kebijakan pemerintah
3.Percakapan di gunakan oleh?
-pejabat  pemerintah
4.percakapan formal sering di gunakan dalam percakapan?
-Dalam percakapan keluarga atau lingkungan masyarakat
5.Contoh kalimat untuk mengakhiri suatu percakapan adalah?
-tak terasa sudah dua jam kita berbicara….
6.sebutkan salah satu contoh peristiwa bertelepon!
-penelepon:hallo  bewok  ada?
Penerima:hallo dari mana ini?
Penelepon:dari temanya..!
Penerima:kalau saya boleh tahu,dari siapa?
Penelepon:ya,bilang saja dari temanya.dia sudah tahu.”
7.Sebutkan kalimat untuk membuka suatu percakapan dapat dilakukan dgn mengajukan suatu pernyataan!
-bagai mana kabar ibu,bapak dan adik-adik?
8.bagai mana suasana percakapan formal?
-suasana percakapan formal itu labih baku dan menggunakan bahasa formal.
9.salah satu ciri pembuka perakapan adalah?
-bahasanya baku dan bersifat kata Tanya.
10.sebutkan salah satu contoh mengakhiri percakapan!
-kami ucapkan terima kasih atas kesempatan yang di berikan.

BERDISKUSI
1.Metode u ntuk memecahkan masalah secara kelompok di sebut?
-Diskusi
2.Sebutkan bagian dari kelompok resmi!
-kelompok studi
Kelompok pembentuk kebijaksanaan
Komite
3.sebutkan pengertian diskusi!
-Diskusi adalah suatu metode untuk memecahkan masalah dgn proses berfikir dgn proses berfikir kelompok
4.Diskusi tidak sama dgn?
-Debat(dabating)
5.Pelaksanaan  berdebat pembicaraan terbagi menjadi dua kelompok yaitu/
-Kelompok setuju dan tidak setuju
6.Diskusi terbagi mjd?
-2(dua)
7.sebutkan dari kelmpok resmi!
-konferensi
Diskusi panel
Symposium
8.ada berapa tugas sebagai ketua diskusi ?
-ada 8
9.salah satu contoh tugas partisipan?
-mendengarkan dengan penuh perhatian
10.sebutkan salah satu tugas ketua dalam berdiskusi!
-menginformasikan topic dan tujuan diskusi.

BERNEGOSIASI
1.apa yang di  maksud dgn negosiasi?
-proses tawar menawar dgn jelas
2.ada berapa kemampuan oleh penegosiator?
-3(tiga)
3.Sebutkan salah satu contoh  kemampuan yang di miliki penegosiator..!
-setiap kalimat yang di ucapkan memiliki daya persuasi,dengan kata-kata santun
4. Sebutkan salah satu contoh ciri-ciri win-loose !
-orang yang harus bersedia menerima pendapat pihak
5. Lima pertanyaan untuk bernegosiasi, sebutkan !
-siapa,apa,dengan apa,bagaimana,kapan
6. apa pengertian siapa ?
-siapa: siapa yang akan di hadapi dalam bernegosiasi
7. Negosiasi model ini memandang negosiasi sebagai proses ?
-proses pertikaian
8. ada berapa kemampuan-kemampuan yang harus di miliki oleh negosiator ?
- Ada tiga
9. Negosiator mengutamakan proses yang akan menguntungkan berapa pihak ?
- menguntungkan duabelah pihak
10. Negosiasi di artikan juga ?
- Pendekatan untuk menyelesaikan sengketa secara damai melaluli perundingan.

MENYAMPAIKAN LAPORAN
1.Pelapor harus memiliki sikap ?
- Jujur teliti,dan mampu mengungkap gagasan dengan baik.
2. syarat untuk menyampaikan laporan harus ?
- baik dan jelas
3. penuturan deskriptif di lakukan dengan ?
- mengungkap secara objektif
4. Sebutkan beberapa cara penuturan keadaan atau peristiwa !
- penuturan deskriptif,naratif,exspositoris

5. Melaporkan peristiwa meliputi ?
-a pa,siapa,kapan,dimana,mengapa,bagaimana
6. Bahas yang di sajikan pelopor dapat menimbulkan ?
- menimbulkan kepercayaan
7. Bagaimana laporan yang baik itu ?
- tidak boleh memasukan hal yang menyimpang dan mengandung prasangka
8. Apa yang di maksud dengan fakta ?
- fakta adalah sesuatu yang nyata
9. Apa yang di maksud dengan laporan lisan ?
- laporan yang bersifat langsung antara perorangan
10. Apa yang di maksud dengan fiksi ?
- fiksi adalah sesuatu yang tidak nyata dan tidak bisa di buktikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar